Minggu, 04 November 2012

Masa Bimbingan (MABIM) 2012 : "Solidaritas Untuk Perubahan" Part 1

Masa Bimbingan (MABIM) 2012 : "Solidaritas Untuk Perubahan"
Logo HMM
Masa Bimbingan atau yang sering disingkat dengan MABIM adalah salah satu alur pengkaderan yang ada di Himpunan Mahasiswa Mesin. MABIM merupakan program kerja bidang organisasi yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Tujuannya adalah untuk mengenalkan lebih jauh mengenai Himpunan Mahasiswa Mesin ataupun Jurusan Pendidikan Teknik Mesin.

"Solidaritas Untuk Perubahan"

MABIM angkatan 2012 yang dilaksanakan pada tanggal 6-7 Oktober 2012 mempunyai tema "Solidaritas Untuk Perubahan" dan diikuti oleh 47 orang. Kegiatan yang berlangsung di ruang 019 gedung FPTK dan di sekitar lingkungan FPTK berjalan lancar dan menarik. Kegiatan MABIM ini difokuskan pada pemberian materi - materi organisasi, pengenalan himpunan, pengenalan struktural jurusan, pengenalan bengkel mesin, dan permainan - permainan yang menumbuhkan rasa kebersamaan.

Sabtu, 06 Oktober 2012

Sebelum sinar matahari menyapa indahnya hari itu. Panitia MABIM 2012 sudah berada di kampus Universitas Pendidikan Indonesia, tepatnya di Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK) untuk menunggu kedatangan mahasiswa baru. Satu demi satu, para kader mesin pun bermunculan dan dikondisikan oleh panitia sebelum masuk ke gedung FPTK. Kegiatan MABIM dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an dan do'a oleh saudara Herman Rusdiana. Kemudian dilanjutkan sambutan oleh ketua pelaksana MABIM 2012, saudara Taufik Rochmanu. Pada pukul 08.30 WIB peserta MABIM menerima materi dari Bapak Sriyono, S.Pd. yang mengenai manajemen organisasi. Pada kesempatan itu juga beliau menjelaskan bahwa pengetahuan dan pengalaman organisasi sangat penting bagi seorang mahasiswa. Peserta MABIM sangat antusias sekali menyimak penjelasan materi dari Pak Sriyono, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan pada saat sesi tanya jawab.
Sriyono, S.Pd. pada saat menjelaskan mengenai manajemen organisasi. (Ruang 19 Gedung FPTK UPI, 06 Oktober 2012)


Setelah pemberian materi mengenai manajemen organisasi oleh Pak Sriyono, kegiatan selanjutnya adalah pengenalan pengurus himpunan dan diskusi panel tentang himpunan. Pada kesempatan itu hadir pimpinan pengurus - pengurus himpunan, diantaranya Ahmad Satibi (Ketua Umum), Muhamad Ramdan (Kabid Administrasi), Asep Zakaria (Kabid Keuangan), Erik Suwandana (Kabid Organisasi), dan Afif Miftah Amrullah (Kabid Litbang). Sementara Freddy Tinta Saputra (Kabid Aset dan Fasilitas) berhalangan hadir. Dalam diskusi panel dengan peserta MABIM dibahas sedikit mengenai program kerja tiap bidang yang akan dilaksanakan selama satu tahun ke depan.
Moderator memimpin diskusi mengenai pengenalan program kerja himpunan
Jam menunjukan pukul 10.00 WIB, acara selanjutnya adalah pemberian materi mengenai pengenalan dan tata cara PKM. Pada materi kali ini, panitia mengundang langsung mahasiswa yang berpengalaman dalam menyusun proposal PKM dan juga finalis Pimnas, Najih Munawar jurusan Pendidikan Teknik Mesin 2008. Presentasi selama 40 menit itu, menjelaskan mengenai pengenalan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), dan berbagi pengalaman bagaimana menyusun proposal PKM yang benar.
Najih Munawar (kanan) saat menjelaskan mengenai Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). (Ruang 019 Gedung FPTK UPI, 06 Oktober 2012)
Setelah pengenalan tentang PKM, materi selanjutmya adalah mengenai Sheel Eco Marathon (SEM) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI). Tim Shell Eco Marathon yang diwakili oleh saudara Adi Guntari jurusan Pendidikan Teknik Mesin 2009 menjelaskan banyak mengenai SEM. Tim SEM Universitas Pendidikan Indonesia yang semuanya berasal dari jurusan Pendidikan Teknik Mesin berbagi pengalaman mengenai perjalanan mereka mengikuti perlombaan SEM yang berlangsung di Sirkuit Sepang, Malaysia.
Sementara itu, penjelasan mengenai materi otomasi dan robotika diwakili oleh Tim KRCI yaitu Ahmat Nizami jurusan Pendidikan Tekik Mesin 2008 dan Abdul jurusan Pendidikan Teknk Mesin 2009. Otomasi dan robotika merupakan pengembangan dari ilmu teknik mesin yang sekarang ini kemajuannya sangat pesat. Pada kesempatan itu, Ahmat Nizami memberikan motivasi dan arahan betapa pentingnya organisasi khususnya di Himpunan Mahasiswa Mesin ini. "Kembangkan kreativitas dan ide kalian di sini (HMM), Himpunan akan memfasilitasi ide dan bakat kalian", tutur Ahmat Nizami.
Adi Guntari (kanan) saat menjelaskan mengenai Shell Eco Marathon (Ruang 019 Gedung FPTK UPI, 06 Oktober 2012)
Ahmat Nizami saat sedang memberikan motivasi dan materi mengenai otomasi dan robotika (Ruang 019 Gedung FPTK UPI, 06 Oktober 2012)

Drs. Tatang Permana, M.Pd. saat menjelaskan mengenai struktur dan program JPTM FPTK UPI (Ruang 019 Gedung FPTK UPI, 06 Oktober 2012)

Dan acara MABIM hari pertama ditutup dengan kegiatan simulasi game. Check this out!!
Keceriaan, semangat, solidaritas, kerja sama dan rasa kekeluargaan terlihat jelas dalam kegiatan simulasi game ini.




Selamat datang para mahasiswa pendidikan teknik mesin 2012, jaga solidaritas, kekompakan, kepedulian kalian dan tetap semangat. Kita semua merupakan keluarga besar Himpunan Mahasiswa Mesin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar